Guardiola: Atletico Bukan Hanya soal Pertahanan Tangguh

Guardiola: Atletico Bukan Hanya soal Pertahanan Tangguh

Guardiola: Atletico Bukan Hanya soal Pertahanan Tangguh
Guardiola: Atletico Bukan Hanya soal Pertahanan Tangguh

Berita Bola, MADRID ~  Atletico Madrid dianggap sudah setara Barcelona dan Real Madrid. Bayern Munich mesti waspada karena Atletico bukan sekadar tim dengan pertahanan tangguh.

Selama ini sepakbola Spanyol hanya soal duopoli Barca dan Madrid. Akan tetapi, pelan-pelan Atletico mampu merusak dominasi kedua raksasa itu yang ditandai dengan keberhasilan menjuarai La Liga pada 2013-14.

Di musim ini, Los Rojiblancos juga mampu bertahan dalam persaingan gelar juga. Di liga, Atletico memiliki 82 poin, sama dengan Barcelona hanya kalah head to head dan unggul satu poin dari rival sekotanya, Madrid.

Bayen akan berkunjung ke Vicente Calderon untuk menantang Atletico di semifinal leg pertama, malam ini (27/4/2016). Pelatih Bayern, Josep Guardiola, paham benar dengan potensi ancaman dari pasukan Diego Simeone itu.

“Trofi terbaik yang telah diraih Atletico, dengan Diego Simeone dan timnya, adalah mereka kini setara Barcelona dan Real Madrid, sama-sama disegani ketika mereka bermain di Eropa,” ucap Guardiola di ESPNFC.

“Saya tidak lagi di Spanyol selama lima tahun, tapi saya menyaksikan lewat televisi, dan konsistensi Atletico sangat impresif. Normalnya hanya tim-tim besar yang bisa bermain setiap tiga hari dan terus-terusan menang, musim demi musim,” puji Pep.

Pertarungan antara Atletico kontra Bayern menjadi pertarungan antara tim dengan pertahanan terbaik melawan tim dengan produktivitas gol terbaik. Akan tetapi, Guardiola mengira pertahanan tangguh bukan satu-satunya kekuatan tim lawan.

“Tapi mereka melakukan banyak hal lain dengan sangat baik, tidak hanya bertahan,” sambung bekas pelatih Barcelona ini. “Mereka juga bagus di set-piece, punya struktur tim yang sangat baik, mereka menekan dengan baik. Cepat saat serangan balik.”

“Untuk mencapai apa yang sudah mereka lakukan, Anda harus melakukan segalanya dengan baik, tidak hanya dengan bertahan,” simpul dia.

Di pertandingan ini, kedua tim sama-sama pincang. Bayern tidak diperkuat Arjen Robben karena cedera sedangkan Atletico tanpa kapten sekaligus pilarnya di lini belakang Diego Godin.

Satu-satunya pertemuan Atletico dengan Bayern sebelumnya terjadi di final European Cup 1974. Bayern keluar sebagai pemenang dengan skor 4-0 di laga ulangan setelah bermain imbang 1-1.