Mane Dinilai Sukses Bikin Liverpool Jadi Kandidat Juara

Mane Dinilai Sukses Bikin Liverpool Jadi Kandidat Juara

Berita Bola, Liverpool saat ini digadang-gadang sebagai salah satu kandidat kuat peraih titel Premier League. Menurut seorang legenda The Reds, itu berkat kontribusi Sadio Mane.

Pendapat tersebut dilontarkan oleh Phil Thompson, bek Liverpool periode 1971–1984 yang di antaranya pernah turut membantu klub itu meraih tujuh titel divisi teratas Liga Inggris.

Menurut Thompson, keberadaan Mane yang direkrut ‘Si Merah’ seharga 34 juta poundsterling dari Southampton sudah memberikan sesuatu yang sebelumnya tidak dimiliki tim Juergen Klopp dalam persaingan.

“Kalau Anda melihat seorang pemain yang sudah mengubah sebuah tim dan memberi suntikan sesuatu yang dibutuhkan tim itu, pemain tersebut adalah Sadio Mane,” kata Thompson di Judi Bola Online.

“Orang-orang sekarang bilang bahwa tim Liverpool ini tiba-tiba jadi penantang gelar juara, tapi apa yang sebenarnya sudah berbeda? Saya pikir itu semua karena Mane dan kecepatan yang ia tambahkan. Itulah satu hal yang sebelumnya tak dimiliki tim Liverpool ini. Roberto Firmino, Philippe Coutinho, dan Adam Lallana sudah bagus, tapi mereka semua sudah main tahun lalu dan ia (Mane) mengeluarkan yang terbaik dari para pemain tersebut. Kecepatan Mane menarik para pemain belakang sudah membuat para rekan-rekannya itu dapat memaksimalkan permainan dan saya pikir ia sudah membuat dampak amat besar.

“Dalam konteks sepakbola, pemain ini sudah melakukan segalanya dengan kecepatan 160 km per jam. Ia sudah melumat Arsenal di babak kedua dan kita semua sebelumnya bilang ia kemahalan, tapi sekarang ia terlihat amat murah dibandingkan harga Paul Pogba,” sebutnya merujuk pada kemenangan 4-3 atas Arsenal dan harga transfer pemecah rekor dunia Pogba ketika direkrut Manchester United.

Liverpool saat ini menempati posisi empat papan klasemen Premier League dengan 16 poin, ketinggalan dua angka saja dari pemuncak klasemen Manchester City. Dari tujuh laga di ajang itu, Liverpool di antaranya sudah mengalahkan sesama penantang Arsenal, juara bertahan Leicester City, dan Chelsea yang juara Premier League dua musim lalu.

Mane saat ini sedang bersama tim nasional Senegal untuk menjalani partai kualifikasi Piala Dunia 2018. Liverpool juga akan kehilangan Mane sepanjang Januari ketika ia menuju Gabon untuk tampil di ajang Piala Afrika.