SOCCERPEDIA: Manchester United, Kampiun Liga Inggris dengan Poin Terendah

SOCCERPEDIA: Manchester United, Kampiun Liga Inggris dengan Poin Terendah

Berita Bola, SOCCERPEDIA: Manchester United, Kampiun Liga Inggris dengan Poin Terendah

MENJADI juara Liga Inggris tentunya menjadi torehan tertinggi bagi sebuah klub yang berlaga di rumput sepakbola Negeri Ratu Elizabeth. Namun, apa jadinya jika merebut trofi juara sekaligus mencetak rekor buruk?

Ya, Manchester United pernah merasakannya. Skuad berjuluk Kamusjudi itu tercatat menjadi klub yang berhasil menjadi juara Liga Inggris dengan poin terendah. Senang sekaligus malu, mungkin itulah yang dirasakan skuad Man United melihat rekor tersebut.

Torehan tersebut terjadi kali skuad merah tampil dalam kompetisi Liga Inggris musim 1996-1997. Kala masih berada di bawah asuhan Sir Alex Ferguson saat itu, Man United sukses merebut trofi juara hanya dengan koleksi 75 poin.

Tentunya, torehan tersebut terbilang kecil jika dibandingkan dengan table klasemen Liga Inggris selama ini. Tak ayal, rekor buruk pun disematkan kepada skuad Setan Merah. Posisi runner-up musim 1996-1997 sendiri diisi oleh Newcastle United dengan 68 poin.

{ Baca Juga, ” Gara-Gara Mino Raiola, Verratti Gabung Manchester United? ” }

Sudah bisa dibayangkan, betapa kecilnya torehan Chelsea yang bahkan tidak masuk Top Five. Agaknya, musim tersebut memang menjadi salah satu gelaran terburuk Liga Inggris. Jika dibandingkan dengan hasil musim ini, 75 poin pengantar kemenangan bagi Man United tak bernilai apa-apa.

Pada gelaran musim 2016-2017, skor sama diraih oleh Meriam London, Arsenal. Skuad berjuluk The Gunners itu mengoleksi 75 poin, tapi bukan gelar juara yang diraih. Arsenal justru terlempar dari empat besar klasemen dengan 75 poinnya itu.

Sementara jika dibandingkan dengan rekor poin tertinggi, maka Chelsea boleh jemawa. The Blues –begitu sebutan Chelsea- mencatatkan poin tertinggi di musim 2004-2005. Dengan koleksi 95 poin, Chelsea berhasil menjadi juara. Torehan itu pun hampir sama dengan hasil musim ini, saat skuad Antonio Conte mengangkat trofi juara dengan koleksi 93 poin.

Jadi, Manchester United boleh kecele dengan 75 poinnya, tapi tetap saja hasil akhir yang didapat skuad yang bermarkas di Old Trafford itu adalah gelar juara. Nasi sudah menjadi bubur, Man United pun sepertinya harus terima dengan bonus titel peraih juara dengan poin terendah.